Kamis, 27 Januari 2011

PENANAMAN KACANG TANAH DI AREA KAMPUNG TEKNOLOGI JEPARA

Penanaman Demplot Kacang Tanah dan Kegiatan Krida Pembangunan di Kampung Teknologi Jepara

 
Salah satu kebutuhan masyarakat di sekitar Kampung Teknologi Jepara adalah aplikasi iptek dalam pengembangan tanaman kacang tanah. Hal ini diidentifikasikan dalam kegiatan membangun budaya iptek dari Kementerian Riset dan Teknologi. Melalui pelatihan pada tanggal 7-8 April yang lalu, masyarakat di desa Bulungan, Suwawal Timur dan Lebak, mendapatkan pengetahuan praktis mengenai teknologi budidaya, pengendalian hama, dan pemeliharaan tanaman kacang tanah. Pelatihan ini diikuti dengan praktik lapangan dan diskusi di lahan petani setempat.

Sebagai tindak lanjut, Pemerintah Kab Jepara bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jateng, PT. PUSRI, PT. Garuda Food dan Perusahaan Daerah (Perusda) Kab Jepara
telah melaksanakan kegiatan penanaman demplot kacang tanah organik yang dibarengkan dengan kegiatan krida pembangunan. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 12 Mei 2010 yang lalu merupakan upaya untuk mensosialisasikan pemanfaatan pupuk organik pada usaha ekonomi pertanian, serta mendapatkan komposisi penggunaan pupuk berimbang yang ideal dalam meningkatkan produksi kacang tanah. Selain penanaman demplot kacang tanah juga dilaksanakan beberapa kegiatan lainnya, antara lain:

1. Pesta 'pathok' (kegiatan pemeriksaan reproduksi dan kesehatan ternak sapi dan kambing).
2. Penandatanganan kerjasama bisnis, terutama budidaya dan pemasaran kacang tanah dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) Desa Suwawal Timur, Desa Lebak dan Desa Bulungan.
3. Pemberian bantuan benih kacang tanah varietas Jepara dari Kementerian Pertanian.
4. Pemberian secara simbolis pakan ternak berkualitas dari BATAN yang pelatihannya dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2010.


Memperhatikan nilai strategis dari kegiatan pengembangan kacang tanah di Desa Suwawal Timur, Desa Lebak, dan Desa Bulungan, serta antusiasme dari gapoktan di desa-desa tersebut, pada tahun yang akan datang direncanakan kegiatan pekan inovasi dan kreativitas. Kegiatan ini ditujukan pada gapoktan dalam pengenalan berbagai teknologi pertanian. Kegiatan yang akan dipusatkan di Kampung Teknologi Jepara ini akan mencakup kegiatan pelatihan, workshop, lomba kreativitas dan inovasi gapoktan, temu bisnis, dan sebagainya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media untuk mengembangakan kreativitas dan inovasi teknologi gapoktan di desa-desa di Kab Jepara.

Dalam penyelenggaraan pekan inovasi dan kreativitas gapoktan tersebut, Pemerintah Kab Jepara akan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah lainya, seperti Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pertanian, Badan Litbang Prov Jateng, LIPI, BATAN, BPPT, perguruan tinggi, dan kalangan badan usaha. Kegiatan tersebut merupakan hasil tindak lanjut pelatihan pengembangan tanaman kacang tanah dan diskusi dengan gapoktan yang diselenggarakan oleh Kedeputian Dinamika Masyarakat Kementerian Riset dan Teknologi dengan Pemerintah Kab Jepara di Kampung Teknologi Jepara.

Acara krida pembangunan dan penanaman kacang tanah organik dihadiri oleh Bupati Kab Jepara, Kepala Badan Litbang Prov. Jawa Tengah, perwakilan PT Garuda Food, perwakilan PT PUSRI, perwakilan Univ Kristen Satya Wacana Salatiga, dan para petani yang tergabung dalam gapoktan di Kecamatan Pakis Aji. (bappedajepara/ad-pbipt/dep-dm/ humasristek)

sumber :  http://www.ristek.go.id/?module=News%20News&id=5986

1 komentar: